HOME Rumah Belajar TV Edukasi Suara Edukasi Radio Edukasi M-Edukasi Pena Belajar My Youtube Channel
SELAMAT DATANG DI GUNTUR SALEKSA BLOG, YUK BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA
Semua password untuk link download adalah : gunturberbagi
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YACH

Selasa, 06 Oktober 2020

Solusi Mudah Mendampingi Anak Belajar Daring

Di dalam pembelajaran selama pandemi ini, baik guru maupun siswa dan bahkan orang tua merasakan dampaknya. Di televisi tak jarang muncul berita tentang kekerasan terhadap anak diakibatkan kurang sabarnya orang tua dalam mendampingi anak belajar. Atau sering kita temui juga kondisi anak yang sangat merindukan sekolah tatap muka sehingga motivasi dan semangat belajar secara daring menurun. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kondisi ini akan terus berlanjut atau ada solusi yang bisa menyelesaikan semua permasalahan tersebut? 


Jawabannya tentu ada, tapi apakah itu dan sulitkah dalam menjalankannya? Ternyata dari berbagai solusi untuk memecah kebosanan anak belajar di rumah secara daring ataupun untuk membantu orang tua menjelaskan materi selama mendampingi anak mereka belajar bahkan solusi untuk bapak ibu guru dalam penyusunan bahan ajar, pemantauan perkembangan belajar peserta didik dan lain sebagainya yang berkaitan dengan proses pembelajaran, pemerintah melalui situs Rumah Belajar telah memfasilitasi itu semua. Untuk menggambarkan keadaan dunia pendidikan kita saat ini, bagaimana kebosanan dan keluhan peserta didik dalam pembelajaran daring, bagaimana sulitnya bagi ibu rumah tangga mendampingi anaknya belajar, mari kita simak video ilustrasi berikut! 




Tentu saja video diatas hanyalah ilustrasi saja, tetapi kejadian dalam video tersebut pasti kita akui banyak terjadi di sekitar kita. Untuk itu penulis mengajak bapak ibu semua untuk menanggapi permasalahan kebosanan dan kesulitan mendampingi anak dalam belajar dengan bijak dan cerdas, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur gratis di Rumah Belajar. 

Hmmm ada apa saja di Rumah Belajar? Setidaknya saat ini ada 4 fitur utama dan 6 fitur pendukung. Disini penulis akan gambarkan secara singkat apa saja fitur-fitur di Rumah Belajar tersebut.
4 fitur utama Rumah Belajar adalah. 


1. Sumber Belajar 
Disini berisi materi ajar mulai jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK yang berupa video, audio, gambar, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Dan semua bahan ajar disini bisa diakses dan didownload gratis lho. 

2. Bank Soal 
Berisi kumpulan soal dan materi evaluasi berupa soal latihan, ulangan dan ujian. Yang luar biasa disini, setelah kita mengerjakan latihan soal akan muncul skor yang kita peroleh dan ada kunci jawaban disertai dengan penjelasan jawaban atau langkah-langkah penyelesaianya jika itu soal matematika. 

3. Laboratorium Maya 
Ini merupakan fitur simulasi pratikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik juga disertai lembar kerja siswa dan teori pratikum. Disini kita bisa pratik tanpa khawatir resiko bahaya terluka karena dilakukan secara virtual, tapi hasilnya tetap akurat lho. 

4. Kelas Maya 
Kelas maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan secara khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online antara peserta didik dan guru kapan saja dan dimana saja. Dengan fasilitas chat, video conference, audio conference, desktop sharing, white board, yang paling keren kita tak perlu khawatir dengan batas internal storage/penyimpanan yang kita pakai serta data yang kita simpan disini dijamin aman. 

Sedangkan untuk 6 fitur pendukungnya yaitu 
1. Peta Budaya 
Disini kita tinggal klik provinsi atau daerah dalam peta, maka cling akan langsung muncul uraian mengenai adat, budaya, dan hal hal penting di provinsi atau daerah tersebut. Jadi pengen coba klik juga kan? Hehehe 

2. Wahana Jelajah Angkasa 
Disini kita seolah menjelajahi angkasa secara virtual. Jadi bayangin kita lihat layar hp atau laptop kita itu seolah kita berada di dalam pesawat luar angkasa dan melihat lewat jendelanya. Atau seperti kita punya teleskop super canggih yang bisa melihat dengan jelas benda berjarak ribuan kilometer. Wuihhh keren dan seru banget pokoknya. 

3. Buku Sekolah Elektronik 
Berisi buku-buku yang hak patennya telah dibeli oleh pemerintah, sehingga kita bebas untuk mencetak dan memperbanyaknya secara gratis untuk kita jadikan bahan ajar. 

4. Karya Bahasa dan Sastra 
Berisi berbagai buku cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan, prosa, puisi ataupun referensi yang akan semakin mengembangkan kemampuan literasi kita. 

5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Bagi bapak ibu guru yang berkeinginan untuk mengembangkan kemampuannya di beberapa kompetensi, atau mencari sertifikat penunjang Penilaian Angka Kredit, nah disini disediakan pelatihan-pelatihan bersertifikat secara gratis oleh Rumah Belajar dengan mengakses simpatik.belajar.kemdikbud.go.id 

6. Edu game 
Menyediakan beragam game interaktif, disini permainan dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dan materi yang disajikan. Jadi orang tua tidak perlu kawatir anaknya bermain game disini, karena selain kesenangan yang didapat juga asah otak. 

Itulah penjelasan singkat tentang isi dan manfaat dari Rumah Belajar. Bikin tidak sabar untuk segera mencobanya bukan? Silahkan anda bisa download aplikasi Rumah Belajar di Playstore atau Appstore atau bisa kunjungi di laman belajar.kemdikbud.go.id 

Follow Medsos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia lainnya di 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia! 
#RumahBelajar 
#PembaTIK 
#PembelajaranBerbasisTIK 
#DutaRumahBelajar2020 
#SahabatRumahBelajarJawaTimur2020

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Quotes Comments Pictures

About Me

Foto saya
Guntur Saleksa, bekerja di SDN Kebonsari I Tuban (paginya) RBS (sorenya) dan bimbel Ganesha Operation (Malamnya). Orang yang cinta Indonesia.. pengen berkarya dan pengen membantu sesama.. karena guntur juga butuh semua.. salam berbagi...
Quotes Comments Pictures

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP