HOME Rumah Belajar TV Edukasi Suara Edukasi Radio Edukasi M-Edukasi Pena Belajar My Youtube Channel
SELAMAT DATANG DI GUNTUR SALEKSA BLOG, YUK BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA
Semua password untuk link download adalah : gunturberbagi
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YACH

Rabu, 14 Oktober 2020

Seminar Tolak Linu Hingga Lupa Waktu

Hallo sahabat, kali ini penulis ingin menyampaikan pengalaman seminar yang paling seru menurut penulis nih. Kenapa seru? Karena biasanya narasumber itu kan berbagi ilmu kepada peserta, lah ini ternyata saat acara berakhir narasumber malah mendapatkan segudang ilmu dan motivasi. Pengen tahu bagaimana ceritanya? Yuk simak pengalaman penulis kali ini. 
Dalam acara seminar kali ini penulis bekerjasama dengan 4 Sahabat Rumah Belajar yang sangat luar biasa dari berbagai provinsi. Selain penulis, anggota tim kali ini ada pak Listiadi (SRB Jateng), bu Fatmadewi (SRB Riau), bu Dewi Sekarsari (SRB NTT) dan bu Polinma Sihombing (SRB Sulteng). Dan judul yang kita ambil adalah TOLAK LINU (Talkshow Aktif Lintas Nusantara), yah selain pemaparan materi memang kali ini rencananya waktu akan lebih banyak di sesi tanya jawab dan diskusi. Oia kita juga mengundang Duta Rumah Belajar dari provinsi Riau dan NTT, ada pak Arnadi (DRB Riau 2017), bu Sri Rahayu Ningsih (DRB Riau 2019), bunda Maria Gloria (DRB NTT 2017) dan bapak Syukran Setiawan (DRB Riau 2018). 


Setelah pembagian tupoksi masing-masing maka diputuskan bahwa bu Polinma yang akan menjadi host dan moderator sedangkan penulis dan ketiga rekannya menjadi narasumber. Acara ini disepakati akan dilaksanakan pada hari Selasa 13 Oktober 2020 pukul 14.00-16.00 WIB, yah ini bebarengan dengan waktu coaching penulis nih, tapi karena jadwal coaching hari Selasa ini akan diajukan 30 menit berarti acara coaching akan berakhir pukul 14.30 WIB (pikir penulis). Di hari H, penulis berpikir akan melakukan 2 pertemuan virtual secara bebarengan hanya 30 menit yaitu mulai pukul 14.00-14.30 WIB karena memang seharusnya bentroknya hanya di jam tersebut, ternyata perkiraan penulis meleset, acara coaching baru berakhir pukul 16.40 WIB. Tapi hal tersebut tidak terlalu membebani penulis, karena penulis sering melakukan 2 kegiatan berbeda dalam satu waktu, yah istilah penulis sih membelah diri.


Singkat cerita seminar dimulai dengan bincang-bincang kecil dengan DRB dilanjut dengan pemaparan materi yang pertama oleh pak Listiadi yang menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Metode Blended Learning”, dilanjut dengan pemaparan materi kedua tentang “Pemanfaatan Fitur Edugame pada Materi Unsur Kimia Menggunakan Model SOLE” oleh bu Fatmadewi atau bu indiahe (ini sebutan akrab di tim kami), dan dilanjut penulis menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Fitur Pendukung Rumah Belajar Dalam Pembelajaran” dan terakhir adalah presentasi materi “Inovasi Pembelajaran Menggunakan Fitur Edugame” oleh bu Dewi Sekarsari. Dari pemaparan keempat narasumber berjalan lancar, bahkan sesi diskusi juga berjalan lancar. Oia walau kedua DRB kita pak Arnadi dan pak Syukran berhalangan hadir dikarenakan ada acara yang tidak bisa ditinggalkan, disini kita kedatangan tamu yang luar biasa yaitu pak Posma Sihombing (DRB NTT) yang turut memberikan motivasi dan tips tips dalam menjalankan program pembaTIK ini. Yah walau peserta kali ini hanya 25 peserta saja tapi keseruan dari acara ini luar biasa, dikarenakan kehadiran para DRB yang luar biasa. Untuk link daftar hadir bisa klik disini.


Nah ini yang seru lagi, acara ini seharusnya hanya sampai pukul 16.00 WIB, dan benar saja pada pukul tersebut moderator menutup acara seminar hari ini, tapi ternyata acara lain-lain ini berlangsung hingga pukul 17.18WIB, dimana acara lain-lain ini berisi diskusi tanya jawab bersama DRB NTT bunda Gloria yang dihadiri oleh tim beserta beberapa peserta yang masih bertahan ikut berdiskusi. Ini yang penulis sebutkan dari awal bahwa narasumber diseminar kali ini mendapatkan segudang ilmu, yaitu ilmu, penjelasan, motivasi, trik, tips dan masih banyak lagi yang didapat dari bunda Gloria. Beliau ini merupakan DRB dengan segudang pengalaman yang sangat menginspirasi. 
sharing dengan bunda Gloria hingga lupa waktu

Terakhir penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan para DRB yang telah memberikan kita motivasi dan inspirasi yang luar biasa, terutama bunda Maria Gloria. Penulis sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan beliau walau secara virtual. Oia kelupaan, ternyata bunda Gloria fasih bahasa jawa lho walau beliaunya DRB NTT, ternyata beliau berasal dari Semarang. Sekian berbagi pengalaman kali ini, tetap pantau terus blog ini dan tunggu postingan selanjutnya. Salam sukses. 

Follow Medsos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia lainnya di 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia! 
#RumahBelajar 
#PembaTIK 
#PembelajaranBerbasisTIK 
#DutaRumahBelajar2020 
#SahabatRumahBelajarJawaTimur2020




0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Quotes Comments Pictures

About Me

Foto saya
Guntur Saleksa, bekerja di SDN Kebonsari I Tuban (paginya) RBS (sorenya) dan bimbel Ganesha Operation (Malamnya). Orang yang cinta Indonesia.. pengen berkarya dan pengen membantu sesama.. karena guntur juga butuh semua.. salam berbagi...
Quotes Comments Pictures

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP