HOME Rumah Belajar TV Edukasi Suara Edukasi Radio Edukasi M-Edukasi Pena Belajar My Youtube Channel
SELAMAT DATANG DI GUNTUR SALEKSA BLOG, YUK BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA
Semua password untuk link download adalah : gunturberbagi
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YACH

Selasa, 13 Oktober 2020

Sinyal Internet Host Putus Saat Seminar, Apa Yang Terjadi Setelahnya?

Hallo sahabat semua, ini latepost ya, seharusnya ini saya posting 3 hari yang lalu,tepatnya hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2020. Tapi mau bagaimana lagi, semua dikarenakan kesibukan yang luar biasa di dunia nyata. Hehehe.. 


Ok langsung saja sahabat, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pelaksanaan seminar daring kedua yang saya lakukan disamping kegiatan secara luring. Kali ini penulis bekerja sama dengan para Sahabat Rumah Belajar dari provinsi Riau, Sulteng dan Bengkulu serta rekan saya Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur. Yach seperti yang saya tulis sebelumnya diakhir sesi seminar pertama saya, tepatnya setelah acara berakhir saya dihubungi SRB dari Sulteng, dan Bengkulu, beliau berdua (secara terpisah lwt telegram) meminta untuk dimoderatori dalam acara kolaborasi, kemudian kita membentuk tim awalnya 3 orang yang kemudian berkembang menjadi 5 orang yaitu ada Bapak Elfison (SRB Bengkulu), Ibu Epi Rimma (SRB Sulteng), Ibu Debby Febriyani (SRB Riau) dan rekan saya satu provinsi ibu Wiwin Fida Yanti (SRB Jatim).
penampakan flyer yang kita sebar di fb, ig, telegram, dll

Yach singkat cerita setelah terbentuk tim kita langsung bagi tugas dan membicarakan teknis pelaksanaannya, serta disepakati tanggal dan waktu pelaksanaannya yaitu Sabtu 10 Oktober 2020 Pukul 10.00 – 12.00 WIB, dengan 4 narasumber dan saya sebagai moderator merangkap host. Untuk judul seminar kali ini adalah "Bersatu di Bersinar Rumbel" merupakan akronim dari Berbagi, Diskusi, Inovasi dan Belajar di Rumah Belajar.

Seperti yang tertulis dalam flyer kita, ibu Debby mendapat giliran pertama. Beliau mengaku baru pertama kali melakukan seminar, beliau menambahkan bahwa beliau belum sama sekali melakukan sosialisasi pada program pembaTIK level 4 ini secara daring maupun tatap muka dikarenakan kesibukan lain, beliau menyampaikan paparannya tentang “Pemanfaatan Sumber Belajar dan Bank Soal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”, dilanjut pemateri kedua Ibu Epi Rimma yang menyajikan best praticenya tentang “Penerapan Model Pembelajaran SOLE Menggunakan Portal Rumah Belajar”, dan dilanjut oleh rekan saya ibu Wiwin Fida Yanti tentang “Pemanfaatan Fitur Pendukung Rumah Belajar” dan ditutup dengan pemaparan yang luar biasa oleh bapak Elfison mengenai “Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar Dalam Model Pembelajaran Blended Learning”. 
Pemaparan materi oleh ibu Debby

Penyampaian materi oleh ibu Epi Rimma

Pemaparan materi oleh ibu Wiwin Fida

Pemaparan materi oleh bapak Elfison

Setelah sesi pemaparan materi dilanjut sesi tanya jawab, disesi ini antusias dari peserta untuk bertanya sangat luar biasa, tetapi semua pertanyaan dijawab dengan baik. Saya selaku moderator hanya memberi penguatan dari jawaban para narasumber. Setelah acara tanya jawab dilanjutkan pengundian nama penanya dan peserta yang beruntung mendapatkan doorprize yang dilakukan di wheelofnames.com. 

Yach seperti biasa, dalam pelaksanaan kali inipun ada kendala yaitu pada akhir sesi tanya jawab yaitu sesi undian, internet di sekolahan tiba-tiba mati dan saya terdepak keluar, perlu sekitar 10 menit saya baru bisa bergabung kembali ke acara untuk melakukan pengundian dan penutupan acara. Dalam jeda 10 menit tersebut saya koordinasi dengan tim di group whatsapp untuk menghandle acara dengan memberikan penguatan dan pembagian modul. Alhamdulillah saya bekerjasama dengan orang orang yang luar biasa dan acara saya kira berjalan dengan baik dengan jumlah pendaftar 59 dan dihadiri oleh 50 peserta walau ada peserta yang tidak mengisi pendafataran dan sebaliknya ada peserta yang daftar tapi tidak hadir di seminar. Untuk melihat nama-nama pendaftar dan yang hadir dalam seminar bisa dilihat link di bawah ini. 

Demikian sekilas laporan atau lebih kecerita pengalaman saya bersama rekan-rekan yang luar biasa, seperti biasa saya akan memberikan saran bagi teman-teman yang akan melaksanakan acara serupa, pastikan jaringan internet anda stabil, apalagi anda sebagai host dan pastikan jangan panik jika terjadi suatu kendala, koordinasikan dengan baik maka acara akan tetap berjalan dengan baik walau terjadi kendala. Terima kasih telah membaca. Salam sukses selalu. 

Follow Medsos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia lainnya di 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia! 

#RumahBelajar 
#PembaTIK 
#PembelajaranBerbasisTIK 
#DutaRumahBelajar2020 
#SahabatRumahBelajarJawaTimur2020


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Quotes Comments Pictures

About Me

Foto saya
Guntur Saleksa, bekerja di SDN Kebonsari I Tuban (paginya) RBS (sorenya) dan bimbel Ganesha Operation (Malamnya). Orang yang cinta Indonesia.. pengen berkarya dan pengen membantu sesama.. karena guntur juga butuh semua.. salam berbagi...
Quotes Comments Pictures

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP