HOME Rumah Belajar TV Edukasi Suara Edukasi Radio Edukasi M-Edukasi Pena Belajar My Youtube Channel
SELAMAT DATANG DI GUNTUR SALEKSA BLOG, YUK BERBAGI KEBAIKAN BERSAMA
Semua password untuk link download adalah : gunturberbagi
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YACH

Sabtu, 17 Oktober 2020

Akhirnya Seluruh SD se-Kabupaten Tuban Mengenal Portal Rumah Belajar

Hallo sahabat guntur, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang seminar tingkat kabupaten, tepatnya seminar pembinaan gugus SD se-Kabupaten Tuban mengenai penggunaan TIK dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan selama 8 sesi yang masing-masing sesi 4 jam pelaksanaan, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. 

foto dulu bersama tim kecil sebelum acara dimulai

Ini merupakan kali pertama saya tampil di studio mini Dinas Pendidikan Tuban, pengalaman yang luar biasa tentunya bisa masuk menjadi salah satu tim Instruktur Kabupaten Dinas Pendidikan. Hari ini (17 Oktober 2020) saya bersama bapak Moh Helmi Widiyanto, S.Pd menjadi narasumber yang menyampaikan materi berbeda dengan dipandu oleh bapak Karmuji, M.Pd.I sebagai moderator. Pak Hilmi dengan materinya tentang “Live Streaming Facebook untuk Pembelajaran”, dan saya dengan materi “Mengenalkan Portal Rumah Belajar dan Pemanfaatannya”, ini juga pertama kalinya saya bekerjasama dengan beliau-beliaunya, nantinya kami akan bekerjasama kembali dipertemuan lanjutan tanggal 14 November 2020. Untuk jadwal pelaksanaan seminar, surat tugas, link streaming, kode zoom dan lain-lain bisa dilihat disini, sedangkan untuk flyer yang digunakan adalah di bawah ini. Sebagai catatan saya tidak diijinkan mengedit flyer dengan menampakkan foto saya, sehingga flyer seperti apa yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Tuban. 

Acara dimulai pukul 08.00 WIB tepat, dan para tim telah datang 20 menit sebelumnya untuk setting tempat dan alat yang akan digunakan untuk zoom meeting maupun streaming youtube. Setelah acara dibuka oleh moderator dilanjut dengan paparan materi yang pertama oleh pak Hilmi, sedangkan saya mendapat giliran kedua untuk menyampaikan materi Rumah Belajar. Dan jika anda perhatikan, pada saat saya presentasi saya harus berganti laptop dikarenakan laptop saya error, yach memang laptop saya adalah golongan laptop low end dengan RAM dan ROM kecil. Untuk melihat video selengkapnya silahkan ke youtube channel Dinas Pendidikan Tuban atau simak video di bawah. Sssst saya bisiki ya, pemaparan materi saya tentang Portal Rumah Belajar dimulai di waktu 1.59.25 dan seterusnya hingga akhir. Hehehe.. 

Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar, dan yang paling penting mulai hari ini seluruh SD di Kabupaten Tuban mengenal apa itu Portal Rumah Belajar dan manfaatnya. Untuk jumlah pastinya peserta yang mengikuti acara kali ini saya belum bisa memastikan, karena presensi dipegang masing-masing gugus yang nantinya akan disetor ke Dinas Pendidikan setelah sesi ke-8 untuk menerbitkan Sertifikat 32 jam (disebutkan di video menit ke 3.30.20). Tetapi sebagai gambaran kasar, kegiatan pembinaan gugus SD se-kabupaten Tuban ini bersifat wajib diikuti seluruh gugus, kurang lebih ada 85 gugus tingkat SD di seluruh Kabupaten, setiap gugus terdiri dari 5-10 sekolahan, dan setiap sekolah minimal harus mengirim 2 guru (bisa lebih) untuk mengikuti seminar dengan model nonton bareng (jadi yang masuk room hanya ketua gugus, sedangkan anggotanya menonton bareng lewat proyektor), sehingga jika diambil angka minimal ada kurang lebih 1584 peserta (ini saya ambil anggota setiap SD ada 2 guru yang hadir, karena jumlah SD di Kabupaten Tuban ada 792 SD), belum lagi yang menyaksikan lewat streaming youtube. Jadi ini juga merupakan seminar dengan jumlah terbesar yang pernah saya lakukan dengan peserta ribuan. 
foto kiriman dari beberapa gugus

foto peserta zoom (sayangnya sudah banyak yg log out karena foto saya ambil di akhir sesi)

Terakhir saya berucap syukur bisa dipercaya menjadi tim inovasi, dan semoga saja kedepannya bisa berbagi kepada lebih banyak orang lagi? Bukankah kita memang harus bermimpi yang tinggi dan memperjuangkannya. Jika mimpi itu tercapai maka mimpilah yang lebih tinggi lagi. Pantang menyerah dan terus belajar akan tetap ada dalam diri ini, dan pesan untuk semua sahabat guntur dimanapun, saya berpesan bahwa hidup itu harus terus berlangsung, dan memang takdir kita sudah tertulis akan menjadi apa dan akan memperoleh apa kita kedepannya, tapi semua catatan takdir tersebut takkan pernah menjadi baik jika kita berhenti berjuang dan menyerah serta merasa puas dengan kemampuan kita dan berhenti belajar. Jadi teruslah belajar, jangan merasa puas, pantaskan diri anda untuk menjadi hebat maka kedepannya anda akan menjadi hebat. Salam sukses. 

Follow Medsos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia lainnya di 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia! 

#RumahBelajar 
#PembaTIK 
#PembelajaranBerbasisTIK 
#DutaRumahBelajar2020 
#SahabatRumahBelajarJawaTimur2020

1 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Quotes Comments Pictures

About Me

Foto saya
Guntur Saleksa, bekerja di SDN Kebonsari I Tuban (paginya) RBS (sorenya) dan bimbel Ganesha Operation (Malamnya). Orang yang cinta Indonesia.. pengen berkarya dan pengen membantu sesama.. karena guntur juga butuh semua.. salam berbagi...
Quotes Comments Pictures

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP